Jumat, 14 Desember 2012

Yamaha Feul Injection Siap Songsong Era Langit Biru

“Yamaha Memang selalu didepan”
Begitu gaung tagline Yamaha terdengar ditelinga,saya merasakan teknologi sepeda motor di Indonesia,telah mengalami masa transisi.Dimana era kejayaan trend bersepeda motor,tidak berhenti pada produk sepeda motor yang punya teknologi irit bahan bakar semata.Tapi lebih kepada akselerasi dan model yang up to date sesuai dengan keinginan dan minat para penggunanya.
Pengguna sepeda motor tidak hanya para orangtua,tapi sudah sampai anak-anak yang belum sah memiliki SIM,setiap rumah di Jakarta,pasti didapati mempunyai lebih dari satu sepeda motor.Bapak punya sendiri,Ibu punya sendiri,anak juga punya sendiri.
Jumlah sepeda motor di Indonesia pada tahun 2011 mencapai angka 8o Juta unit,jumlah itu setara dengan sepertiga jumlah rakyat Indonesia yang kini mencapai 237 Juta jiwa.
Tentu hal ini sangat berdampak negatif pada  ketersediaan bahan bakar minyak (BBM),yang apabila tidak dicari jalan keluar yang terbaik,maka akan menjadi ancaman yang sangat mengerikan.
Berbagai teknologi terbarukan mencoba diciptakan guna menekan angka dampak negatif dari ledakan jumlah pengguna sepeda motor yang setiap tahun pasti mengalami peningkatan.Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah dengan menciptakan sepeda motor yang mempunyai akselerasi dan tenaga mesin yang baik, ramah lingkungan,dan irit BBM,yakni dengan teknologi Fuel Injection.

Teknologi Fuel Injection memang sangat unggul dalam kualitas dan pemanfaatan,oleh karena itu salah satu pabrik perakitan sepeda motor Yamaha,mencoba  membumikan teknologi Injeksi pada setiap produknya.
Sebenarnya teknologi sistem Fuel Injection ini sudah banyak digunakan pada sepeda motor Yamaha dinegara tetangga seperti Thailand,Thailand,dan Vietnam.Lalu kenapa baru sekarang Yamaha mengenalkannya di Indonesia?
Di antara produknya yang terbaru  adalah YMJet-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection),sistem injeksi ini tentu berbeda dengan injeksi yang sudah dibenamkan pada produk Yamaha yang terdahulu V-Ixion yang telah sukses dipasaran.Dengan sasaran marketnya para pemuda,yang memang punya style mode dan akselerasi,hanya dengan melakukan sedikit adjust (perubahan),maka V-Ixion telah siap digunakan untuk acara balapan.
Lalu dimanakah letak perbedaannya?pada sistem YMjet-FI ini memiliki dua jalur udara,yakni Jalur utama dan Jalur pembantu,kenapa harus menjadi dua jalur?,pada jalur udara pembantu,berfungsi saat motor berada dalam keadaan diam(berhenti),atau saat tekanan rpm rendah,dan terjadi penutupan gas.Tujuanya adalah agar pembakaran tidak terlalu boros,ini semua dirancang guna mendukung misi Efisiensi Bahan Bakar Minyak (BBM).
Sistem inilah yang akan dibumikan Yamaha dalam setiap produknya.Sehingga terciptalah sepeda motor tanah air yang ramah lingkungan,dan sekaligus tetap memiliki akselerasi sesuai dengan tagline yang diusung Yamaha,”Semakin terdepan”.
Yang menjadi permaslahannya adalah bagaimana dengan sepeda motor yang terdahulu,yang belum memiliki system injeksi,dan masih menggunakan system karburator,yang terbukti lebih banyak menghabiskan bahan bakar.
Maka dari itu Yamaha harus sudah mempersiapkan layanan purna jual,dan servis yang tersedia di setiap bengkel hingga terjamin dalam perawatannya.Karena sekarang ini masih banyak bengkel yang masih belum memiliki seperangkat tools untuk merawat dan servis sepeda motor dengan system injeksi.
Semoga hal ini akan mendorong Yamaha untuk menghadirkan produk yang tidak hanya bermutu baik,ramah lingkungan dan efisien bahan bakar,tapi juga menghadirkan produk yang bisa dirasakan lebih lama,dengan terjangakunya servis dan perawatan yang ada tidak hanya dibengkel resmi Yamaha,tapi sudah tersedia di setiap bengkel di pelosok-pelosok desa.
Saya yakin,saat ini Yamaha sudah siap menyongsong Era Langit Biru,dan semakin terdepan dalam teknologinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar